Resep Apem Pisang Raja

Resep Apem Pisang Raja. Apem adalah salah satu kue yang sangat terkenal dalam masyarakat khususnya daerah Jawa. Walau mungkin anak- anak sekarang kurang begitu suka dengan kue apem dikarenakan tampilannya kalah menarik dengan kue- kue lainnya, apem tetap meliki rasa yang tidak kalah dengan kue lainnya dan tetap menjadi primadona dalam acara- acara peringatan di daerah Jawa. Apem merupakan hidangan kue yang wajib hadir dalam acara adat atau acara- acara peringatan. Kue ini memang benar- benar termasuk kue yang sangat tradisional sekali. Dalam acara peringatan jawa sudah menjadi pakemnya untuk menyediakan apem sebagai hidangan. Apem sendiri merupakan kue yang memiliki rasa yang manis, walau terkadang bisa sedikit pahit jika dalam pembuatannya mengalami kesalahan atau gosong ^_^
 Dewasa ini apem sudah mulai dikenal masyarakat lainnya. Bahkan ada yang mendirikan usaha menjual kudapan bulat ini. Juga sudah bermunculan kreasi- kreasi yang menarik untuk apem ini sendiri. Mulai dari kreasi warna, rasa, serta campuran- campuran bahan lainnya yang digunakan.
Apem ini cara pembuatannya juga termasuk tidak begitu sulit. Hampir sama pembuatannya dengan makanan modern bernama martabak. Tentu sudah tahu bagaimana cara membuat martabak khusunya martabak manis yang cara pembuatannya mirip dengan  apem. Dikesempatan lain telah dibagikan mengenai resep martabak manis dilengkpai dengan cara- cara membuatnya. Dan kali ini yang akan dibagikan adalah resep apem yang sedikit dikreasikan bahan pendampingnya yang menggunakan pisang raja, maka dari itu resep kali ini disebut resep apem pisang raja.
Berikut ini resep membuat apem pisang raja.


Bahan :
  • Pisang raja tua diiris- iris bulat tipis
  • 100 gr tepung terigu
  • 5 gr gist
  • 100 gr gula pasir
  • 50 cc santan, dari 1/2 butir kelapa
  • 1 butir telur kocok
  • garam secukupnya
  • air secukupnya
Cara Membuat :
  1. Campurkan gist dengan 1 gelas air hangat kuku
  2. Tambahkan denga 1 sendok teh gula pasir, kemudian diamkan selama 30 menit.
  3. Masukkan tepung terigu ke dalam adonan gist tadi, uleni sampai adonan kalis. Diamkan selama 2 jam
  4. Setelah 2 jam, tambahkan gula dan telur kemudian aduk- aduk rata.
  5. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk rata.
  6. Bubuhi garam secukupnya dan aduk rata kembali. Diamkan selama 15 menit.
  7. Panaskan wajan dan kemudian tuang satu sendok adonan
  8. Tambahkan beberapa potong ppotongan pisang raja diatasnya, kemudian tutup.
  9. Masak hingga matang kemudian angkat, harus diperhatikan dan jangan terlalu lama agar tidak gosong
  10. Ulangi hingga adonan habis.
  11. Kue apem pisang raja siap dihidangkan.

Resep apem pisang raja telah dibagikan , selamat mencoba. Jangan lupa untuk praktik juga resep pepes jamur tiram. Terima kasih.

0 Response to "Resep Apem Pisang Raja "

Post a Comment