Resep Martabak Manis

Resep Martabak Manis. Aneka Resep Nusantara pada pagi hari ini akan membagikan resep membuat martabak manis. Martabak manis atau terang bulan atau kue bulan atau apem balik adalah panganan sejenis kue dadar yang dijajakan di penggir jalan di Indonesia. Wikipedia 
Membuat martabak manis sangat mudah karena pembuatannya hampir sama dengan cake-cake lainnya, apalagi anda yang sudah sering membuat cake. Perbedaan membuat martabak dengan cake lainnya adalah pada adonannya, jika martabak manis menggunakan ragi instant dan baking soda sebagai bahan dasarnya, sedangkan pancake yang lain hanya menyertakan baking powder dan toping martabak manis berbeda dari cake lainnya. Cara membuat martabak manis yang enak, lezat dan bahan-bahan yang digunakan adalah sebagai berikut :
cara membuat martabak manis

Bahan-bahan Martabak Manis :
- 250 gr terigu
- 3 btr telur
- 1 sdt baking soda
- 1/2 sdt ragi instant
- 1/2 sdt garam halus
- 300 ml air
- vanili secukupnya, jika mau
- margarine secukupnya 

Topping :
- Susu kental manis
- Coklat messes
- Margarine
- Keju parut 
- Kacang sangrai tumbuk kasar, jika suka

Note : sediakan bahan topping secukupnya sesuai selera

Cara Membuat Martabak Manis :
1. Campur terigu dan ragi instant, aduk rata. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil teruskan aduk sampai adonan licin. Tutup dan diamkan kurang lebih sekitar 35 menit.
2. Sesudah itu, masukkan telur satu persatu, aduk kemudian tuangkan baking soda dan garam, aduk hingga rata.
3. Panaskan pan dengan api sedang, oles dengan sedikit margarine, tuang adonan secikupnya(sesuai ukuran pan yang digunakan), tutup beberapa detik atau sampai adonan berpori, taburkan susu kental manis atau gula pasir sesuai selera, tutup dan biarkan sesaat hingga matang.
4. Angkat cake dan olesi dengan margarine, tambahkan topping sesuai keinginan (keju parut, coklat, messes atau kacang sangrai), jika anda suka, lipat cake selagi masih panas atau bisa juga biarkan utuh bundar seperti bulan.
5. Sajikan.

Demikianlah Resep Martabak Manis yang bisa aneka resep nusantara bagikan, semoga aneka resep kue ini bermanfaat bagi anda semuanya dan selamat mencoba.

0 Response to "Resep Martabak Manis"

Post a Comment