Resep Kentang Goreng Renyah

Resep Kentang Goreng Renyah | Kentang goreng sering kita jumpai bahwa makanan tersebut biasa disajikan sebagai pendamping kentucky fried chicken atau ayam goreng yang dijual di restoran cepat saji. Kentang goreng juga sangat cocok sebagai camilan pada saat kita sedang santai seperti nonton tv, selain itu kentang goreng juga bisa sebagai bekal makan anak kita pada saat sekolah,  dengan begitu kita sebagai orang tua bisa mencegah supaya anak kita tidak jajan sembarangan. Lalu bagaimana agar kentang goreng yang kita buat bisa bertahan lama dan tidak cepet lepek? Cara membuat kentang goreng renyah dan tahan lama, tetapi tidak menggunakan bahan pengawet adalah sebagai berikut:
cara membuat kentang goreng

Bahan Kentang Goreng :
  • Kentang mentega (karena lbh enak dan lbh besar, tapi bisa diganti dengan kentang yang lain)
  • Tepung terigu serbaguna
  • Penyedap rasa/garam halus secukupnya
  • Minyak goreng, secukupnya
  • Air untuk merebus

Cara Membuat Kentang Goreng :
  1. Kupas kentang kemudian potong berbentuk persegi panjang, lalu dicuci dalam air bersih yg mengalir sampai air cucian kentang terlihat cukp bening/bersih. Tujuannya agar getah kentang hilang, karena getahnya yang membuat kentang goreng cepet lembek.
  2. Rebus air dlm panci yang telah diberi sedikit garam, saat airnya mendidih masukkan kentang yg sdah dicuci. Kemudian rebus selama 5 menit, angkat dan tiriskan.
  3. Saat masih panas taburi kentang dgn tepung terigu dan tambahkan penyedap rasa atau garam sesuai dengan selera.
  4. Pastikan tepung menyelimuti seluruh bagia kentang, jika perlu beri tepung lebih banyak.
  5. Simpan kentang yang sudah dibaluri tepung dalam wadah tertutup lalu simpan didalam freezer kulkas selama 1 jam atau lebih sebelum digoreng.
  6. Panaskan minyak goreng, gunakan api sedang. Goreng ketang sampai semua bagian kentang terendam minyak. Bolak-balik kentang hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  7. Kentang goreng siap untuk dihidangkan dengan tambahan saus sambal atau mayonaise.

Note :
  • Jangan menambahkan tepung beras/aci karena bisa membuat kentang saling lengket.
  • Pastikan selalu menggoreng dengan minyak yg masih baru supaya hasilnya lbh renyah dan bersih.
  • Masukkan kentang dlm minyak yg panas dan gunakan api sedang supaya tdk cepet gosong.

Demikianlah resep kentang goreng renyah yang bisa aneka resep nusantara bagikan pada anda semuanya, semoga bermanfaat. Resep masakan lain yang bisa anda coba diantaranya resep pempek kapal selam

0 Response to "Resep Kentang Goreng Renyah"

Post a Comment