Resep Awug Awug Tepung Ketan

Resep Awug Awug Tepung Ketan khas Bandung. Sudah tahukah anda dengan kue awug? kue awug adalah sebuah kue yang terbuat dari tepung beras yang di kukus dan dicampur dengan gula merah. Kue awug ini merupakan makanan khas Bandung. Untuk penyajiannya biasanya di taburi dengan kelapa parut. Rasa dari kue awug sangat enak dan gurih. Meskipun sekarang ini sudah jarang dijumpai, namun tetap saja jika lagi kepengen makan, buat sendiri di rumah. Awug awug ini sangat cocok jika dinikmati bersama keluarga untuk menemani saat santai. Untuk yang tertarik mencoba membuat kue awug khas Bandung, kami akan berikan resepnya dengan suka rela.
Resep Awug Awug
Dalam membuat kue awug awug tepung ketan cukup mudah. Bahan yang digunakan ada 3 macam seperti tepung, gula dan kelapa. Jika anda serius ingin mencoba membuat awug awug, Aneka Resep Masakan akan bagikan resep lebih lengkapnya dibawah ini.

Bahan :
  • 1,5 kg tepung beras yang sudah diolah setengah matang
  • 700 gram gula merah diiris halus (sesuai selera)
  • 1 butir kelapa, parut memanjang
  • 2 sdt garam
  • 500 ml air yang dilarutkan dengan garam (secukupnya saja)
  • Daun pandan seperlunya
Cara Membuat Awug Bandung :
  1. Siapkan kukusan kerucut dan dandang
  2. Didihkan air hingga beruap, boleh juga jika air kukusan dikasih pandan
  3. Siapkan kukusan bambu
  4. Campurkan 1/2 butir kelapa parut dengan tepung beras kedalam kukusan tersebut. Beri air(garam) sedikit demi sedikit, aduk sampai lembab dan berbutir-butir. Beri beberapa lembar daun pandan di dinding kukusan. Lalu sendokkan gula merah, tepung beras secara berselang seling hingga adonan habis. Sebaiknya lapisan gula merahnya lebih tipis dibanding tepung beras
  5. Jika adonan sudah habis, tutup adonan dengan daun pisang. Kemudian tutup dengan tutup panci
  6. Kukus hingga matang, kurang lebih 25 menit.
  7. Setelah matang di angkat, tumpahkan diatas tampah/baskom besar beralas daun pisang
  8. Kue awug siang untuk disantap
Resep Kue Awug Awug Tepung Ketan khas Bandung tenyata mudah banget ya dalam pembuatannya. Semoga bermanfaat dan silahkan dicoba bersama saudara jika diperlukan. Coba juga Resep Pisang Bolen Bandung yang enak.

0 Response to "Resep Awug Awug Tepung Ketan"

Post a Comment