Resep Gudeg Jogja

Resep Gudeg Jogja. Aneka Resep Nusantara pada kesempatan ini akan membagikan resep membuat gudeg jogja. Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta dan sudah terkenal dimana-mana. Ciri khas makanan Jogja juga ada ada pada gudeg yaitu manis. Karena gudeg ini banyak peminatnya, maka aneka resep nusantara akan membagikan tips cara membuat gudeg jogja yang lezat dan nikmat. Cara membuat gudeg jogja dan bahan-bahan yang digunakan untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut :
cara membuat gudeg jogja

Bahan Membuat Gudeg :
- 1000 gr nangka muda di iris kecil-kecil
- 4 gelas santan
- 2 sdm gula jawa
- 1 sdm asam jawa dilarutkan
- 6 lembar daun salam
- garam dan minyak gireng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
- 10 butir kemiri
- 4 siung bawang putih
- 8 butir bawang merah
- 1/2 jinten sangrai
- 1/2 sdt ketumbar sangrai

Cara Membuat Gudeg :
1. Rebus nangka muda sampai matang, lalu tiriskan.
2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama daun salam, air gula merah dan air asam jawa. Sesudah harum masukkan nangka yang telah direbus tadi kemudian aduk sampai rata dan tambahkan garam secukupnya.
3. Tuang santan lalu masak sampai mendidih dan santan agak mengental dan berminyak.
4. Jika anda tertarik untuk menambahkan ceker atau kaki ayam kedalam gudeng sebaiknya ceker direbus terlebih dahulu hingga lunak, lalu campurkan pada bumbu yang ditumis dan masak bersama nangka.
5 Gudeg siap dihidangkan.

Untik : 5-6 porsi

Demikianlah Resep Gudeg Jogja yang bisa aneka resep nusantara bagikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Anda juga bisa melihat aneka resep masakan lainnya disini, tentunya dengan resep yang tidak kalah lezatnya dengan yang lainnya.

0 Response to "Resep Gudeg Jogja"

Post a Comment